Cara Mudah Membuat Surat Resmi di Microsoft Word.
Mau membuat surat, tapi lama udah gak pegang
laptop atau computer? Jangan khawatir, Anda sudah berada dalam artikel yang
tepat. Cara mudah membuat surat di Microsoft Word hanya perlu melewati beberapa
tahapan. Berikut merupakan langkah yang digunakan untuk membuat surat
menggunakan aplikasi perkantoran Microsft Office Word. Cara ini juga bisa digunakan
untuk membuat surat resmi maupun tidak resmi.
Yuk ikuti 4 cara mudah membuat surat di
Microsoft Word.
1. Pengaturan Kertas / Page
Page
Layout > Margin. Margin untuk mengatur batas tepi lembar kerja/dokumen. Anda
bisa memilih sesuai yang telah disediakan Word atau mengaturnya sendiri melalui
Custom Margins.
Page
Layout > Orientation. Orientation digunakan untuk memilih lembar kerja
dengan layout Portrait (vertical) atau Landscape (horisontal).
Page
Layout > Size. Size digunakan untuk mengatur jenis kertas yang digunakan.
Page
Layout > Columns. Columns digunakan untuk memilih berapa kolom yang ingin
digunakan setiap lembar kerja. Secara umum columns yang digunakan dalam surat
adalah One.
Page
Layout > Spacing. Spacing digunakan untuk mengatur jarak antara baris satu
dengan yang lain. Secara umum spacing yang digunakan Before (0t), After (0 pt).
2. Pemilihan Jenis dan Ukuran Huruf
Home
> Font. Untuk surat resmi biasanya menggunakan Font Times New Roman, Font
Size ukuran 12, dan Font Color Hitam.
Home
> Paragraph. Untuk surat resmi biasanya menggunakan paragraph Justify, Line and
Paragraph Spacing 1,5.
3. Membuat Kop Surat
Insert
> Header > Alphabet.
4. Memasukkan Logo
Insert
> Picture > Pilih Logo > Insert. Agar
logo mudah digeser Pilih Logo > Text Wrapping (gambar kucing) > In Front
of Text > Geser Logo sesuai kebutuhan.
Jika Anda ingin membuat surat tidak resmi maka
aturannya sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Contoh pengaplikasiannya dalam Word
bisa di Download disini. Selmat mencoba!
Komentar
Posting Komentar