Cara Mudah Membuat Surat Resmi di Microsoft Word.


Mau membuat surat, tapi lama udah gak pegang laptop atau computer? Jangan khawatir, Anda sudah berada dalam artikel yang tepat. Cara mudah membuat surat di Microsoft Word hanya perlu melewati beberapa tahapan. Berikut merupakan langkah yang digunakan untuk membuat surat menggunakan aplikasi perkantoran Microsft Office Word. Cara ini juga bisa digunakan untuk membuat surat resmi maupun tidak resmi.

Yuk ikuti 4 cara mudah membuat surat di Microsoft Word.
1.            Pengaturan Kertas / Page
Page Layout > Margin. Margin untuk mengatur batas tepi lembar kerja/dokumen. Anda bisa memilih sesuai yang telah disediakan Word atau mengaturnya sendiri melalui Custom Margins.
Page Layout > Orientation. Orientation digunakan untuk memilih lembar kerja dengan layout Portrait (vertical) atau Landscape (horisontal).
Page Layout > Size. Size digunakan untuk mengatur jenis kertas yang digunakan.
Page Layout > Columns. Columns digunakan untuk memilih berapa kolom yang ingin digunakan setiap lembar kerja. Secara umum columns yang digunakan dalam surat adalah One.
Page Layout > Spacing. Spacing digunakan untuk mengatur jarak antara baris satu dengan yang lain. Secara umum spacing yang digunakan Before (0t), After (0 pt).

2.            Pemilihan Jenis dan Ukuran Huruf
Home > Font. Untuk surat resmi biasanya menggunakan Font Times New Roman, Font Size ukuran 12, dan Font Color Hitam.
Home > Paragraph. Untuk surat resmi biasanya menggunakan paragraph Justify, Line and Paragraph Spacing 1,5.

3.           Membuat Kop Surat
Insert > Header > Alphabet.

4.            Memasukkan Logo
Insert > Picture > Pilih Logo > Insert. Agar logo mudah digeser Pilih Logo > Text Wrapping (gambar kucing) > In Front of Text > Geser Logo sesuai kebutuhan.

Jika Anda ingin membuat surat tidak resmi maka aturannya sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Contoh pengaplikasiannya dalam Word bisa di Download disini. Selmat mencoba!

Komentar

Postingan Populer